A password will be e-mailed to you.

Ada yang masih ingat kenangan masa kecil ketika menabung uang jajan sekolah di celengan ayam jago?

Bagi seorang Richard Bernado, memori masa kecil tentang menabung seperti itu masih tersimpan lekat. Itu jualah yang kemudian menginspirasi gitaris Shaggydog ini membuat single berjudul Celengan Jago.

Bekerjasama dengan DoggyHouse Records, single Celengan Jago akan tersedia di kanal digital pada 20 Agustus 2021. Tanggal 20 Agustus sendiri bertepatan dengan Hari Indonesia Menabung yang mengkampanyekan peningkatan kesadaran masyarakat untuk menabung sejak dini.

Richard, yang selama ini membuka usaha bakery rumahan bersama istri, ternyata masih bisa menyisihkan waktu untuk menulis materisolo-nya. Beberapa lagu sudah tercipta, bahkan demo-nya pun sudah direkam bersama Donney Wagna yang juga membantu rekaman re-interpretasi lagu Shaggydog – Di Sayidan. 

Komposisi Celengan Jago cenderung bernuansa musik Blues, sedikit berbeda dari musik yang diusung Shaggydog.

Ketika ditanya alasan kenapa memilih jenis musik ini, Richard menjawab: “Dari pertama milih musiknya tuh udah langsung kepikiran musik yang nge-Blues. Waktu itu kepikiran musik-musik yang dibawain Chuck Berry sama BB King“. 

Momen saat memecah celengan berbahan tanah liat setelah dua tahun rajin menabung tertuang jelas melalui lirik “Celengan jagoku kupukul dengan palu. Berhamburan uang recehku menggelinding satu-satu”.

Dengan senang hati, ia dulu pernah menghitung gelindingan koin seribu dan lima ratusan yang tidak banyak “tapi cukup untuk beli baju dan celana baru”, apalagi masih ada “uang sisa aoaaww lumayan bisa traktir teman”. Sungguh keseruan masa kecil yang sederhana.

Berkat pembawaan Richard yang luwes dalam pergaulan, banyak kawan yang membantu merampungkan single ini.

Selain Toto Nugroho (piano), Wido Widiatmoko (contra bass) dan Donney Wagna (co-produser), fotografer handal Agan Harahap pun ikut campur tangan dalam proses menyiapkan ubo rampe Celengan Jago di sesi foto dan artwork.

Berawal dari sekedar obrolan di @WarungHeru (warung milik vokalis Shaggydog) sambil gitaran bersama handai taulan, dan akhirnya saya pun membuatkan foto dan video untuk single perdana dari @richbeardnado” ungkap Agan yang dikutip dari postingan Instagram-nya mengenai keterlibatannya. 

Mengenai materi lagu lainnya, Richard banyak mengulik jenis musik yang serupa dengan referensinya di atas. “Single kedua nanti ada nuansa lounge music-nya, pake piano, gitar sama terompet”. Hal ini juga dikarenakan kesukaannya mendengarkan musik lawas macam Tom Waits.

Pada hari rilisnya tersebut Richard akan melakukan pertunjukan live via akun Instagram @richbeardnado mulai pukul 19.00 WIB.

Baca Juga: Wajah Baru “Kekagumanku” Dari KSP

No more articles