A password will be e-mailed to you.

Apa itu EP?

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah EP. Banyak musisi jaman sekarang lebih memilih merilis EP dulu ketimbang langsung merilis album. Namun apa kalian tidak kepo? EP tu apa si?

EP adalah singkatan dari “Extended Player”. Biasanya dibanding album, EP berisi lebih sedikit lagu biasanya sekitar 2 sampai 6 lagu. Bentuknya pun bermacam-macam mulai dari vinyl, kaset, cd, bahkan hanya digital saja. 

Sedangkan album atau bisa disebut juga LP “Long Player” adalah kumpulan lagu yang jumlahnya lebih banyak dan durasinya lebih lama dibanding EP. Biasanya berisi 7-14 lagu. Istilah LP dulu hanya digunakan untuk piringan hitam saja, namun semakin kesini istilah LP juga digunakan untuk menyebut album entah berbentuk fisik maupun digital.

Sebenarnya, walaupun isi album hanya ada 2 atau 4 lagu, namun durasi waktunya melebihi EP, maka kumpulan lagu tersebut juga bisa disebut album, contohnya seperti band Godspeed You! Black Emperor dengan album F# A#∞ hanya ada 3 lagu namun mempunyai durasi lebih dari 1 jam!

EP bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kalian yang ingin merilis sebuah musik namun terhalang oleh dana yang belum mencukupi atau materi lagu yang belum komplit. Sambil jalan, tidak usah terburu-buru, pikirkan dengan matang materinya, mulai menabung, dan GAS!

No more articles