A password will be e-mailed to you.

Barry Likumahuwa meluncurkan versi gubahan ulang lagu daerah Maluku berjudul “Nusaniwe” pada 7 Oktober 2021. Rilisan kolaborasi dari Narnera Music dan BeatLuz Music ini sudah bisa dinikmati di seluruh platform musik digital.

Dalam lagu tersebut, ikon bass ternama Indonesia tersebut berkolaborasi bersama Teddy Adhitya dan grup vokal Renewal.

Lewat vokal utama yang diisi Teddy Adhitya, serta harmonisasi suara dari grup Renewal, “Nusaniwe” bagaikan sebuah karya baru yang relevan dengan zaman.

Reinterpretasi Barry terhadap “Nusaniwe” juga memberikan nafas baru bagi lagu lawas ini. Secara musik, touch Barry dengan sentuhan funk/jazz-nya, serta dengan eksplorasi tabuhan Tifa (alat musik tradisional Maluku), menambahkan nuansa neo-tradisi.

Barry tidak sendirian dalam memproduseri “Nusaniwe”. Ia ditemani oleh Beno Louloulia selaku co-producer. Adapun proses mixing dan masteringnya dikerjakan oleh Joseph Saryuf dari Sinjitos Collective.

Perilisan “Nusaniwe” dilakukan menyusul momentum hari jadi Kota Ambon pada 7 September. Seperti diketahui, Barry sendiri memiliki darah Maluku dari keluarganya.

Lagu ini sekaligus menjadi persembahan untukmusisi legendaris asal Maluku, Yopie Latul, yang berpulang pada 9 September 2020.

Momen penghargaan ini sehubungan dengan fakta bahwa mendiang Yopie merilis “Nusaniwe” dalam album “Ambon Jazz Rock”bersama Funk Section pada 1982. Kala itu, Funk Section beranggotakan almarhum Christ Kayhatu, alm. Embong Rahardjo, alm. Djoko WH, Yance Manusama, dan Karim Suweileh.

Album “Ambon Jazz Rock” sendiri waktu itu sangat populer dan punya tempat khusus di hati para pendengar musik Indonesia yang bahkan tidak berdarah Maluku. Album tersebut diapresiasi sebagai salah satu piece city pop terbaik Indonesia, di samping karya-karya Candra Darusman, Chaseiro, dan Fariz RM.

“Nusaniwe” ini adalah single ketiga Barry Likumahuwa pada 2021. Sebelumnya, ia telah merilis single berjudu; “Nona Manis” dan “Dear Pops (My Tribute)” yang juga bisa dinikmati di platform digital.

Barry Likumahuwa sendiri adalah bassist panutan banyak musisi di Indonesia. Ia mengaku ter-influence dengan John Coltrane, Miles Davis, Jaco Pastorius, John Patitucci, Marcus Miller, hingga John Mayer.

Baca Juga: Tribute Kolaborasi Terbaru Diskoria, Isyana Sarasvati, Adjis Doaibu, dan Gilang Gombloh dengan Judul “Yth: NAIF”

No more articles