A password will be e-mailed to you.

Binerica merilis single berjudul“Apakah Kita Sendirian” pada 1 Oktober 2021. Lagu yang dirilis di bawah naungan Supercluster Records ini dapat dinikmati di berbagai layanan streaming populer seperti Spotify dan yang lainnya.

Dalam single ini, Binerica berkolaborasi dengan Virdania yang mengisi vokal utama. Virdania adalah penyanyi muda berbakat yang baru-baru ini juga merilis single pribadinya.

“Apakah Kita Sendirian” berawal dari sebuah kontemplasi dari Binerica a.k.a. Fadhli, sang penulis lagu yang juga menyukai dunia astronomi. Lagu ini terinspirasi dari “Fermi Paradox”, sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh fisikawan Enrico Fermi.

“Singkat cerita, Fermi bertanya, dengan begitu tingginya kemungkinan bahwa Bumi bukan satu-satunya planet yang bisa menopang kehidupan di alam semesta, kenapa kita tidak pernah atau belum menerima pesan dari makhluk
ekstraterestrial lain?”

“Lagu ‘Apakah Kita Sendirian’ adalah salah satu lagu favorit saya, yang akan menjadi bagian dari album pertama nanti. Proses produksi lagu ini terjadi secara alami, ketika saya sedang bereksperimen dengan sound design di Ableton,”

“Proses dari demo ke rekaman pun terbilang cepat. Bisa dibilang, dalam tiga hari, struktur lagu beserta lirik sudah terbentuk,” ucap Fadhli.

Seperti rilisan sebelumnya, semua suara di lagu ini diproduksi oleh Fadhli menggunakan virtual instrument dan sample yang diolah sendiri. Sedangkan, proses rekamannya dilakukan di studio Sonic Garage.

Fadhli berharap bahwa lagu ini bisa menjadi bahan kontemplasi bagi para pendengarnya, sekaligus agar makin peka dengan sekitar.

“Saya ingin pendengar bisa ikut merasakan betapa kecilnya kita sebagai makhluk. Bahwa setiap keangkuhan kita sebagai manusia, setiap peperangan, setiap pertumpahan darah, setiap pergantian kekuasaan yang terjadi dalam sejarah umat manusia, hanyalah titik kecil dalam keagungan alam semesta,”

“Kita yang menentukan apakah ingin berbagi dengan penghuni lain atau tidak,” jelas Fadhli.

Saat ini, Fadhli hampir menyelesaikan seluruh materi yang akan dirilis dalam album pertama Binerica. Produksi, mixing, dan masteringnya akan dilakukan sendiri. Jika berjalan dengan lancar, ia akan merilis albumnya mendekati akhir tahun 2021.

Baca Juga: Define Soul Luncurkan Single “You Should Be Mine”

No more articles