A password will be e-mailed to you.

Penampilan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, terlebih bagi mereka yang berkecimpung di dunia seni. Selain pakaian, tentu riasan wajah juga menjadi salah satu penunjang penampilan. Make up tidak hanya identik oleh perempuan, tetapi banyak juga pria yang rela berdandan nyentrik untuk menarik perhatian pendengarnya. Eyeliner, eyeshadow aneka warna, taburan glitter, lipstick hingga bedak nyatanya juga banyak dipilih oleh musisi pria untuk menunjang penampilannya saat di panggung. 

Kemunculan sub-genre glam rock di Inggris pada tahun 70-an membawa ciri khas baru. Glam rock yang identik dengan riasan wajah, pakaian serta tatanan rambut yang nyentrik sering dianggap menjadi ambiguitas gender karena menyatukan unsur feminine dengan maskulin. Dengan menggunakan make up serta bergaya nyentrik bukan berarti menurunkan atau menghilangkan sisi maskulin atau mempengaruhi kualitas karya yang dihasilkan, justru make up yang digunakan menjadi ciri khas dari musisi tersebut. 

Musisi yang menggunakan riasan wajah saat tampil di panggung diantaranya adalah Mick Jagger, vokalis dari band rock The Rolling Stone yang dikenal sejak tahun 1960-an tampil dengan menggunakan eyeliner, terkadang ia juga menggunakan eyeshadow. Dengan menggunakan eyeliner atau eyeshadow membuat tampilan Jagger semakin nyentrik. 

Pada tahun 1973, hadir grup band Kiss dengan menggunakan make up tebal ala band metal atau yang biasa disebut dengan corpse paint. Menurut bassist dan vokalis Kiss, Gene Simmons, ia ingin memberi sentuhan khas agar berbeda dari band lain dan mengatakan bahwa pada akhirnya gaya make up mereka mempunyai pengaruh yang kuat.

Lalu ada David Bowie, penyanyi yang disebut sebagai pelopor glam rock. Bowie selalu tampil dengan tatanan rambut yang khas, eyeshadow berwarna terang serta bubuhan glitter pada riasan wajahnya. Penampilan yang penuh warna dan nyentrik sudah melekat pada dirinya, hal itu tentu membuat David Bowie selalu diingat hingga sekarang, bahkan gaya make up yang dikenakan masih sering dikreasikan ulang oleh anak-anak muda saat ini. Di masa sekarang masih banyak musisi yang tampil di panggung menggunakan riasan wajah, seperti Billie Joe Amstrong,  Marilyn Manson dan Adam Lambert. Indonesia sendiri punya Kuburan Band yang terkenal lewat one hit wondernya yang berjudul Lupa-Lupa Ingat. 

No more articles