A password will be e-mailed to you.

Kuartet pop asal Bandung, ikkubaru, merilis piringan hitam 7-inch bertajuk “Summer Love Story c/w Mujyuryoku Fantasia” untuk pasar Indonesia,24 September 2021. Piringan hitam ini hadir dengan jumlah yang terbatas.

Tidak ada perbedaan mendasar secara material. Perbedaannya hanya pada tujuan jangkauan penyebaran pasar musik ikkubaru ke arena yang lebih luas. Pasalnya, rilisan awal “Summer Love Story c/w Mujyuryoku Fantasia” mulanya memang diperuntukkan secara khusus untuk pendengar ikkubaru di Jepang.

Lagu tersebut juga sekaligus dirilis di segala macam platform musik streaming pada tanggal yang sama.

“Summer Love Story c/w Mujyuryoku Fantasia” menawarkan dua lagu eksklusif berjudul “Summer Love Story” dan “Mujyuryoku Fantasia (Zero Gravity Fantasy)”.

“Summer Love Story” merupakan lagu terakhir ikkubaru setelah melepas “Chords & Melodies” yang dirilis pada tahun 2020 lalu.

Sedangkan, “Mujyuryoku Fantasia (Zero Gravity Fantasy)” adalah lagu berbahasa Jepang ciptaan Muhammad Iqbal. Lagu ini dialihbahasakan oleh Natsumi Kiyoura, vokalis band shibuya-kei asal Jepang, TWEEDEES, untuk idol group asal Niigata, Jepang, RYUTist. Lagu ini pernah dirilis terlebih dahulu oleh RYUTist pada 2018.

Sedangkan untuk musik dan lirik, lagu yang ada di “Summer Love Story c/w Mujyuryoku Fantasia” menawarkan sensibilitas city-pop dan pengaruh bebunyian nuansa dan suasana musik 80-an.

Liriknya dibuat dengan lugas, sederhana, dan tidak bertele-tele. Ada keinginan untuk apa adanya namun tidak mengesampingkan romantisme dari setiap sudut konflik antar lagu-lagunya, sebagaimana citra yang melekat selama ini dengan gaya penulisan ikkubaru.

Selain melibatkan label asal Jepang, ikkubaru juga turut melibatkan illustrator atau manga artist asal Negeri Matahari tersebut. Artist di maksud bernama Ryoichiro Kezuka, yang mereka tunjuk untuk menggarap ilustrasi untuk sampul rliisan.

Uniknya, rilisan dari Muhammad Iqbal (vokal/keyboard/gitar), Rizki Firdausahlan (vokal/gitar), Muhammad Fauzi Rahman (bass), dan Banon Gilang (drum) ini sudah terlebih dulu diluncurkan di Jepang pada 28 Agustus 2021, tepatnya oleh Hayabusa Landings, Ca VA? Records pada event City Pop on Vinyl 2021.

Hayabusa Landings, Ca VA? Records sendiri merupakan label rekaman ikkubaru di Jepang.

ikkubaru (イックバル) sendiri adalah band yang sudah eksis sejak 2011. Band ini bermula dari sebuah bedroom project milik Muhammad Iqbal yang kemudian berkembang bersama Rizki, Gilang, dan Fauzi.

Kebersamaan mereka lantas menghasilkan racikan materi-materi easy listening penuh melodi catchy dengan pendekatan lirik ragam bahasa; Indonesia, Inggris, dan Jepang.

Musik yang ditampilkan ikkubaru adalah hasil kegemaran mereka kepada solois Jepang seperti Tatsuro Yamashita, Kadomatsu Toshiki serta band-band Inggris macam Tears For Fears, Prefab Sprout, dan Pet Shop Boys.

Sejak berdiri, ikkubaru telah merilis beberapa karya, yakni Hope You Smile (2013), Amusement Park (2014), Brighter (2015), dan Chords & Melodies (2020).

Baca Juga: “Apakah Kita Sendirian”, Kontemplasi ala Binerica

No more articles