A password will be e-mailed to you.

Nasida Ria Ada dan Berlipat Ganda

“Perdamaian perdamaian, perdamaian perdamaian, perdamaian perdamaian, perdamaian perdamaian

Banyak yang cinta damai,

Tapi perang makin ramai”

 

Mendengar lagu tersebut tentu sudah tidak asing lagi bagi telinga kita. Selain lagu Perdamaian, lagu-lagu dari Nasida Ria lainnya sudah banyak diperdengarkan lewat radio, televisi hingga mengisi acara pengajian. Lagu Perdamaian pernah dibawakan ulang oleh Band GIGI, sedangkan lagu Kota Santri pernah dibawakan ulang oleh Krisdayanti dan Anang Hermansyah.

Band Kasidah modern tertua di Indonesia ini berasal dari Semarang yang dibentuk oleh H. Mudrikah Zain pada tahun 1975 dan sekarang dikelola oleh anaknya, Choliq Zain. Memiliki semua anggota perempuan, menjadikan ciri khas tersendiri bagi Nasida Ria. Hingga saat ini Nasida Ria sudah sampai ke generasi ketiga. Generasi pertama dan kedua digantikan posisinya karena keterbatasan usia, regenerasi anggota terus dilakukan dengan cara mendatangi pesantren atau tempat mengaji serta membuat audisi, bahkan beberapa ada yang berasal dari saudara atau kerabat anggota yang lebih dahulu ikut bergabung. Beberapa waktu yang lalu, pendaftaran untuk audisi dilakukan secara online dan terbuka. Regenerasi dilakukan dengan tujuan agar dapat terus berdakwah lewat seni.

Sudah banyak panggung yang dijajal oleh Nasida Ria. Mulai dari dalam hingga luar negeri. Pada tahun 1988, mereka melakukan konser di Malaysia untuk merayakan tahun baru Islam, di tahun 1995 diundang ke Berlin, Jerman untuk tampil di Die Garten des Islam (pameran budaya Islam) oleh Haus des Kulturen der welt dan pada Juli 1996 kembali ke Jerman untuk bermain di festival Heitmatklange di 3 kota, Berlin, Mulhein dan Dusseldorf. Tak hanya dalam acara keagamaan, Nasida Ria juga beberapa kali tampil di acara anak muda, diantaranya RRREC Fest 2016, Loenpia Jazz 2017 dan Syncrhonize Festival 2018.

Bertepatan dengan 45 tahun berkarya, Nasida Ria mengeluarkan album ke 36 pada tanggal 19 September 2020 yang berisi 7 lagu, 3 diantaranya dinyanyikan oleh Ezzura, anak grup dari Nasida Ria. Album tersebut juga resmi dirilis dalam berbagai platform digital dan pada tanggal 1 Oktober 2020 akan mulai menjual boxset eksklusif.

Selain, Nasida Ria, masih ada beberapa grup musik yang memiliki lebih dari 1 generasi. Diantaranya ada Sastromoeni dan JKT48.

Sastromoeni yang merupakan parodi band milik mahasiswa FIB UGM ini sudah terbentuk sejak tahun 1987. Hingga saat ini, Sastromoeni sudah sampai generasi ke 16. Regenerasi dilakukan saat sebagian personil generasi sebelumnya sudah sidang dan akan diwisuda. Sementara itu dari  klaster teknik ada The Kandang, band dangdut dari  jurusan Teknik Sipil UGM.  Hingga saat ini, The Kandang sudah sampai generasi ke-12.

JKT 48, idol group asal indonesia yang dibentuk pada tahun 2011 ini melakukan regenerasi member hampir setiap tahun. Hingga kini, JKT48 sudah pada generasi ke 9.

 

No more articles