A password will be e-mailed to you.

Rapper muda asal Malang, SANMUUN, resmi merilis EP terbaru berjudul “SUPLEX” di berbagai digital platform pada 10 September 2021.

Dirilis bersama label POPS YOU GOOD, EP terbaru SANMUUN tersebut berisikan tiga lagu berjudul “SUPLEX”, “NEI (No Effect Involved)”, dan “POST PRELUDE”. Ketiga lagu itu berdurasi total 10 menit dan 12 detik.

Bagi SANMUUN, EP ini terinspirasi dari pengalamannya. Ini merupakan salah satu cara baginya untuk meninggalkan kesibukan perkotaan dan melepas semua bad vibes.

“EP ini jika diberikan judul yang benar adalah If you live in the woods, don’t fuckin ever try to live in the city, and vice versa, yang dimana ini merupakan lagu marah buat aku sendiri,”

“Aku ngerasain, aku orang yang buruk secara sistem tapi my inner-self berusaha untuk rapi, tertata, dan terjadwal. Soalnya katanya cara biar bisa kaya, ya harus gini. But in the end, all i got is negative energy, boredness, and more desperate questions,“ ujar Rico alias SANMUUN.

Dalam EP ini, SANMUUN tidak meluapkan amarahnya sendirian. Ia ditemani oleh Amru a.k.a DYSPOCHENE. Fun fact, DYSPOCHENE belum pernah memijakkan kakinya ke dalam dunia hip-hop, sehingga EP “SUPLEX” ini jadi debut bagi DYSPOCHENE.

“Suatu hari, temenku Amru (DYSPOCHENE) datang kerumah buat iseng-iseng aja nyoba masuk ke dunia hip-hop. Terus, hari itu, otak ini tiba-tiba goes wild,” ucap SANMUUN. 

Selain Amru, ada juga YUSHUA yang featuring di “NEI”. “NEI” meluapkan kekesalan SANMUUN terhadap segala sesuatu yang dipelajari harus melulu berpatok pada sistematika.

EP “SUPLEX” ini sekaligus menjadi terobosan baru dari SANMUUN. Dengan beat yang berbeda dengan single debut “On The Moon” pada 23 April 2021 lalu, dirinya mengaku bahwa EP baru ini adalah karya eksperimental yang keluar dari zona nyamannya.

“Bersama mereka (DYSPOCHENE & YUSHUA), aku menganggap bahwa musik eksperimental bukan hanya aneh dan tak bermakna. Eksperimental berarti melepas diri dari zona nyaman dan memperluas jangkauan. Inovasi hanya datang dari situasi semacam itu,” lanjut SANMUUN.

Menariknya, EP ini sempat tertimbun menjamur di dalam laptop miliknya.

“EP ini adalah bahan lama yang ada di folder laptop. Sempat malu dan nggak pede kalau dirilis. Kebetulan, waktu itu lagi musim marah jadi akhirnya explore project lagu lama yang sekiranya punya energi mirip-mirip,” tutup SANMUUN.

EP “SUPLEX” ini diproduksi oleh SANMUUN sendiri, dengan co-producer Fifan Christa atau yang lebih akrab dikenal dengan Atlesta. Adapun artwork foto dan design masing-masing digarap oleh Annuru Tera dan Rayhan Yushua.

Rilisnya EP ini diikuti peluncuran music video “SUPLEX”. Video tersebut diarahkan langsung oleh Hilmy Hendrakusuma, visual director AUTERNVMS.

Adapun nama “SANMUUN” sendiri bermakna menonjolkan ‘the sun side’ dari dirinya. Ia ingin lebih berani, terbuka, dan juga keras perihal menyampaikan pesan dalam karyanya.

Baca Juga: Beijing Connection Luncurkan Album Perdana Bertajuk “You Are The Best Thing to Come Out of the End of the World for Me”

No more articles