A password will be e-mailed to you.

Tender Shoots, sebuah unit pop segar bentukan penyanyi dan penulis lagu Jugo Djarot (Circarama) bersama musisi dan produser musik Omar Prazhari (ATSEA/Glyph Talk), mengumumkan nomor debut mereka berjudul “Alive Again”, Rabu (25/8/21), di bawah naungan Kolibri Rekords. 

Ketertarikan yang sama terhadap berbagai jenis musik seperti klasik, pop era 70-80an, soul, hingga indiepop ialah sebab dari awal kedekatan Jugo dan Omar. Hal tersebut kemudian sangat mempengaruhi proses kreatif kolaborasi perdana mereka dalam “Alive Again”.

Lagu ini bermula dari sketsa lagu yang diciptakan Omar untuk proyek utamanya, ATSEA, dua tahun lalu. Saat itu, Omar bermaksud mengajak Jugo sebagai featuring artist untuk mengisi vokal di lagu tersebut.

Namun setelah mengetahui mereka berdua sama-sama penggemar musisi Masayoshi Takanaka dan Richard Hawley, mereka memutuskan untuk membuat proyek baru bersama yang kemudian diberi nama Tender Shoots; sebuah ragam warna hijau yang menyiratkan rasa hangat dan nostalgia.

Omar menambahkan: “Ide berikutnya kita berpikir mau split release aja, Jugo Djarot dan ATSEA. Tapi kemudian kita merasa ‘Alive Again’ ini punya dunianya sendiri, yang pas banget mewakili diri gue dan Jugo, jadi kita sepakat untuk bikin proyek kolaborasi baru.”

Saat itu, “Alive Again” belum memiliki melodi vokal dan lirik, tapi sudah memiliki kerangka dan tema musik yang cukup solid. Jugo kemudian melakukan bagiannya dengan menulis lirik, melodi vokal, vokal latar, dan beberapa instrumen seperti organ dan bass.

Selanjutnya, mereka melakukan finalisasi penulisan lagu, komposisi lagu, dan aransemen bersama-sama.

“Alive Again sendiri merupakan lagu ballad yang menceritakan tentang dialog seseorang dengan dirinya sendiri, membujuk dirinya untuk meninggalkan segala lara, dan kembali merasakan hidup. Sederhananya, komposisi ini bercerita tentang kontemplasi,” jelas Jugo.

Dalam proses pengerjaannya, “Alive Again” dilakukan secara terpisah dari rumah masing-masing lalu direkam dan selesaikan bersama di Pepperoni Studio, Tangerang Selatan, bersama engineer dan co-producer Alfath A. Nugraha.

Pada lini instrumentasi tambahan, Tender Shoots mengundang Jason J. Waworuntu sebagai pemain organ dan piano elektrik, serta Chicha Adzhari sebagai pemain biola. Sementara, Jugo dan Omar memainkan instrumen sesuai formasi Tender Shoots, yaitu Jugo bermain bass dan Omar bermain gitar.

Baca Juga: Kenang Percintaan Masa SMA, Mahagaza Rilis Mini Album “Siklus 1”

No more articles