A password will be e-mailed to you.

Tiger Paw, band Glamrock beraliran speed metal, akan meluncurkan album self-titled perdananya pada 11 Agustus 2018. Tidak sampai di situ saja, Band penuh eksotisme loreng-loreng macan ini juga akan meluncurkan Mars Tiger Paw berjudul “Mars Cakar Macan”. Rawr. Tidak hanya itu, mereka juga akan… cie penginnya nambah-nambahin.

Pada konferensi pers yang diadakan di Lintring Coffee, saya mendapatkan beberapa informasi menarik mengenai band ini. Misalkan, selain memperkenalkan garis besar album barunya, Tiger Paw juga menceritakan tentang proses pembuatan Mars-nya. Katanya sih, mereka terinspirasi dari pertemuan Basro, personil Tiger Paw, dengan Blangkon, salah satu personil Sangkakala, sebuah band asal Jogja lainnya. Basro dipanas-panasi, masa band rock kalah sama ibu-ibu PKK? Mereka saja sudah punya mars.

Koe ki band rock mosok ra ndue mars, kono gaweo” cerita Basro menirukan provokasi Blangkon. Dari situ, terciptalah Mars Cakar Macan.

Ketika ditanya mengenai satu lagu yang paling diandalkan di album ini, tersebutlah “JOKER” alias Jogja Kelitih Raya. Alasannya, selain karena konteksnya yang sangat aktual dengan kejadian yang menimpa masyarakat Jogja, menurut mereka aransemen JOKER merupakan aransemen yang paling ‘sempurna’ dan asik saat dibawakan. Mereka juga kemudian menyebut lagu “Jabat Koalisi” sebagai satu yang berkesan. Seperti judulnya, lagu ini adalah lagu kolaborasi mereka dengan band punk-rock Jogja, Ben Harlem.

Lalu, ada lagu “Mama, Walk With Me”. Lagu ini datang dari pengalaman mereka manggung dengan setlist panjang. Ternyata, ketika harus bermain dengan durasi lebih dari 30 menit, penonton sudah terlalu lelah apabila dihajar dengan rentetan lagu kencang. Oleh karenanya, lagu “Mama, Walk With Me” dibuat dengan nuansa rock ballad untuk mengimbangi lagu-lagu lain.

Selain membawakan lagu-lagu dari album, besok Tiger Paw juga akan dilakukan screening perjalanan band dari awal. Tiger Paw mengklaim, dan saya yakin banyak yang mengamini, bahwa visual setiap manggung adalah salah satu kekuatan dari Tiger Paw. Mereka sangat nyentrik dan… nyentrik.

Peluncuran album Tiger Paw nanti akan difasilitatori oleh Malam Musik TBY, sebuah wadah musik yang rutin menyelenggarakan acara di panggung terbuka Taman Budaya Yogyakarta, meskipun bagian produksi tetap diatur sendiri oleh Tiger Paw. Di Konferensi Pers tersebut hadir pula Om Heri, pengurus Musik Malam.

Bersamaan dengan Press-Conference tersebut hadir pula Om Heri salah satu pengurus Musik Malam. Tiger Paw sendiri merasa sangat terbantu dengan Musik Malam yang memfasilitasi musisi Jogja. Namun, belum banyak musisi Jogja yang mengetahui tentang Musik Malam itu sendiri. Basro menjelaskan bahwa Musik Malam dapat menjadi salah satu wadah yang memayungi musisi di Jogja dengan sangat ciamik.

Lebih kurangnya begitu lah, jangan lupa saksikan performa Tiger Paw di Panggung Terbuka Taman Budaya pada 11 Agustus 2018 mulai pukul 19.00. Salam Macan, aw aw aw.

Launcing-Album-Tiger-Paw
Launcing-Album-Tiger-Paw
No more articles