A password will be e-mailed to you.

Kurang lebih 300 orang hadir pada gelaran Unplanned Vacation jilid kedua. Lebih dari setengahnya datang sejak awal acara. Terima kasih banyak! (redaksi)

Setelah mendatangkan Mondo Gascaro akhir tahun lalu, Unplanned Vacation akhirnya kembali digelar pada hari Sabtu, 17 April 2018. Bertempat di TAN Backyard, program unggulan HOOKSpace ini menggandeng tamu spesial asal Bandung yang baru pertama kali menghelat showcase di Yogyakarta: Mustache and Beard. Perjumpaan ini adalah kali pertama sejak peluncuran album pertama mereka bertajuk Manusiaku Manusiamu Manusianya.

Rubah Di Selatan, Sungai, Gilbert Pohan, dan Sins of Suns juga turut berpartisipasi pada gelaran kali ini. Namun sayang, penampilan Sins of Suns harus dibatalkan akibat faktor non-teknis.

HOOKSpace, seperti biasanya, menggagas gig dengan konsep yang intim. Bersamaan dengan kampanye #DatangDariAwal dan #SayaBeliTiket, Unplanned Vacation menjadi upaya HOOKSpace mengajak masyarakat untuk mengapresiasi dan mendukung keberlangsungan ekosistem musik di Indonesia: salah duanya dengan membeli tiket resmi dan datang sejak awal acara.

Penonton mulai memadati venue sejak pukul 18.30. Acara dibuka dengan gelar wicara bersama Anggito Rahman (Sungai) dan Denny Supardan (Mustache&Beard). Dua penggiat musik ini berbicara tentang seluk beluk skena independen di Yogyakarta dan Bandung. Salah satunya bahasannya menyinggung bagaimana musisi, khususnya yang bergerak secara mandiri, memanfaatkan beragam media dan platform untuk promosi.

Gilbert Pohan, jebolan The Voice Indonesia asal Yogyakarta, membuka pertunjukan musik dengan sangat indah. Suasana intim mulai terbangun saat Ibe, sapaan akrabnya, melempar pertanyaan dan menyelipkan obrolan ringan di sela-sela penampilan. Sekitar pukul 20.41 WIB, Gilbert Pohan turun panggung.

Suasana semakin syahdu tatkala Sungai mengambil alih. Sextuplet yang digawangi Anggito Rahman, Stefan Toghas, Amy Yunto, Irine Winta, Mawar Rengga, dan Dimas Budi Satya ini memainkan lagu-lagu orisinil berlabel eksperimental-pop dari dua album mereka yang sudah siap dengar. Penampilan band yang terbentuk sejak akhir 2014 itu semakin lengkap ketika mereka memasukkan lagu daerah, “Lir-Ilir” dan “Cublak-Cublak Suweng”, ke dalam setlist. Pun dengan kehadiran kembali Mawar (nama sebenarnya) yang beberapa gig belakangan sempat absen.

Suasana makin terbangun ketika Rubah di Selatan naik panggung. Didukung tata cahaya yang remang, penonton semakin tenggelam dalam magis band dari selatan Jogja ini. Orang-orang yang berlalu lalang di bar, berbincang santai, dan saling bersandar menambah keintiman helatan malam itu.

Radha contohnya. Berdasarkan wawancara dengan tim HOOKSpace, penonton asal Australia tersebut mengaku sangat menikmati hajatan Unplanned Vacation. Menurutnya, eksperimentasi yang dibangun oleh para musisi yang bermain sangatlah beragam, begitu pun dengan penonton yang terlihat mendengarkan musik dengan hormat. Dua hal itu cukup membuatnya takjub.

Penonton berseru riuh saat Mustache and Beard bersiap mengisi kekosongan panggung. Sesaat setelah musik mengalun, suasana langsung hening, tidak ada suara sama sekali. “Kabar Terakhir” menjadi lagu pembuka penampilan band yang berdiri sejak 2012 tersebut. Musik yang matang ditambah bebunyian flute dan akordion kesayangan Afif, sang vokalis, membuat penonton resmi terbius.

Satu kejutan terjadi ketika Mustache and Beard mengundang Lintang Larasati, musisi asal Yogyakarta, untuk mendampingi mereka membawakan single terbaru, “Batas Mimpi”. Menurut Afif, Lintang yang membawakan ulang lagu “Batas Mimpi” di kanal Youtube-nya menjadi salah satu motivasi Mustache&Beard untuk menyambangi Yogyakarta dan bertemu para penikmat musik di kota ini.

Malam itu menjadi malam penuh apresiasi baik bagi musikalitas Mustache&Beard. Fikra, seorang mahasiswa asal Yogyakarta, mengutarakan kesan mendalam tentang penampilan Mustache&Beard malam itu, “Saya bergetar menonton Mustache secara live. Terlebih, tata panggung dan venue-nya sangat terasa keintimannya. Seolah tidak ada jarak antara musisi dan penonton. Saya sangat menikmati (penampilan Mustache&Beard).”

Terima kasih atas bantuan semua pihak yang terlibat, sampai jumpa di Unplanned Vacation edisi berikutnya!

No more articles